SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA, SEMOGA BERMANFAAT, KUNJUNGI TERUS BLOG INI
1

contoh RPP

Posted by Rangga Krisma Putra on 15.40
TELAAH KURIKULUM KIMIA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Telaah Kurikulum Kimia tahun ajaran 2010/2011
Dosen pengampu Ibu Saptorini

2314290948_4a9e3da1b1




Disusun oleh :




Oleh :

Rangga Krisma Putra          (4301409030)
                                   




JURUSAN KIMIA
PRODI PENDIDIKAN KIMIA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2011

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran            :  Kimia
Kelas / Semester          :  X / 2
Standar Kompetensi   :  3.      Memahami sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit, serta                                            reaksi oksidasi-reduksi.
Kompetensi dasar       :  3.1.   Mengidentifikasi  sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit                                           berdasarkan data hasil percobaan.

I.    Indikator: 
(1)   Mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit melalui percobaan.
(2)   Mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan hantaran listriknya.
(3)   Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik.
(4)   Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
II.        Alokasi Waktu            : 4 X 45 menit ( 2 pertemuan )
III. Tujuan Pembelajaran:
     Siswa dapat,
(1)      Menjelaskan tanda-tanda hantaran listrik melalui larutan elektrolit.
(2)      Menunjukkan melalui percobaan perbedaan larutan elektrolit dan non elektrolit.
(3)      Mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan hantaran listriknya.
(4)      Menjelaskan kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik.
(5)      Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
IV.    Materi Pembelajaran : 
o   Membedakan melalui percobaan larutan elektrolit dan non elektrolit.
o   Teori ion Arrhenius.
o   Elektrolit senyawa ion dan senyaw akovalen polar.
o   Elektrolit kuat dan elektrolit lemah.
V.     Metode Pembelajaran :
  • Penyampaian informasi
  • Eksperimen
  • Diskusi

VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Perkenalan
Kegiatan Inti 75 menit)
o             Melakukan percobaan dan diskusi untuk membedakan larutan elektrolit dan non elektrolit sesuai dengan LKS 6.1.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan hantaran listrik melalui larutan.
o   Menyimpulkan larutan elektrolit dan noin elektrolit.
o   Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 6.2 dan6.3.
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa sepintas apakah PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
Kegiatan Inti (75 menit)
o   Membahas teori ionisasi elektrolit melalui diskusi kelas sesuai dengan LKS 6.2.
o   Membahas jenis ikatan kimia dalam elektrolit melalui diskusi kelas sesuai dengan LKS 6.3.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan inti pembahasan/diskusi.
o   Menugaskan siswa untuk:
1)      Mengerjakan Latihan 6.1 dari buku paket.
2)      Mempelajari LKS 6.3 dan 6.5.
o   Salam penutup.
VII.  Alat / Bahan / Sumber Belajar : 
         Buku Kimia; LKS, internet / multimedia
VIII. Penilaian:
A.    Ulangan harian / Tugas
B.     Praktik
C.     Sikap / minat
          



1 Comments

Posting Komentar

MATERIKU

Copyright © 2009 Semua Tentang Kimia & My Life All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.