SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA, SEMOGA BERMANFAAT, KUNJUNGI TERUS BLOG INI
0

KARTU KIMIA DARI LIMBAH KARDUS

Posted by Rangga Krisma Putra on 21.17

KARTU KIMIA DARI LIMBAH KARDUS

kartukimia.edit_.JPG
Mata pelajaran kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit bagi peserta didik. Akibatnya, banyak siswa yang tidak berhasil dalam belajar kimia bahkan berkembang anggapan bahwa mata pelajaran MIPA terutama kimia merupakan mata pelajaran tersulit dan menjadi momok bagi mereka. Upaya yang dilakukan untuk menghilangkan sugesti tersebut dalam diri peserta didik adalah dengan memberikan pembelajaran yang lebih kreatif terhadap peserta didik dengan metode pembelajaran yang tidak hanya dilaksanakan secara satu arah tetapi harus lebih memberi kesempatan kepada siswa untuk bertidak lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar sehingga tidak merasa cepat bosan dalam belajar.
Salah satu metode pembelajaran yang efektif untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar sehingga peserta dapat lebih aktif dan tidak merasa bosan adalah penggunaan metode Teams Game Tournament (TGT). TGT merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan seluruh peserta didik tanpa harus ada perbedaan status, menumbuhkan tanggung jawab, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya, dan mengandung unsur permainan dan reinforcement. Namun, suatu pembelajaran akan lebih efektif bila dilengkapi dengan media pembelajaran.

Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar kimia adalah kartu  kimia. Pada umumnya, kartu kimia dibuat dengan menggunakan kertas atau menggunakan bahan plastik yang telah dibuat oleh pabrik. Kartu buatan pabrik biasanya menggunakan teknik cetak yang tentunya akan membuat harga produksinya lebih tinggi dan akhirnya jika dijual dipasaran akan menjadi mahal. Untuk mengatasi hal tersebut, sekelompok mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta yaitu Sulis Setyowati dan Erni Widiyastutik (dari Prodi Pendidikan Kimia) serta Ria Nurindah (dari Prodi Pendidikan IPA) membuat media pembelajaran sederhana dan murah yang dibuat dari bahan bekas ataupun sisa pakai yang ada di lingkungan yakni limbah kardus. Menurut Sulis Setyowati, digunakannya limbah kardus dalam pembuatan media pembelajaran selain membantu pengurangan limbah kertas juga akan meringankan biaya pendidikan serta berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan memanfaatkan barang bekas.
“Kami membuat kartu kimia dari limbah kardus bekas ini untuk materi pelajaran stoikiometri karena materi ini menurut siswa cukup menjenuhkan” kata Sulis. “Pembelajaran yang hanya satu arah akan menjadikan peserta didik lebih cepat bosan dalam mempelajarinya, sehingga penerapan metode pembelajaran Teams Game Tournament yang dilengkapi dengan kartu kimia diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan prestasi peserta didik dalam proses pembelajaran.”Erni Widiyastutik mengatakan bahwa untuk membuat kartu kimia ini adalah mempersiapkan bahan dan alatnya yang terdiri dari limbah kardus, lem, gunting, spidol, plastik, dan penggaris. Kemudian membuat desain kartu stoikiometri lalu dicetak berbentuk kartu kimia berdasarkan teori yang biasa diajarkan di SMA. “Tahap akhirnya mengkonsultasikan kartu kimia stoikiometri kepada dosen pembimbing, guru Sekolah Menengah Atas untuk memberikan masukan dan revisi hingga layak untuk digunakan di institusi pendidikan sebagai media pembelajaran kimia sehingga proses pembelajaran lebih efektif.” kata Erni. “Kartu kimia ini telah diujicobakan di SMAN 4 Yogyakarta dengan hasil baik. Memang pada mulanya siswa agak kebingungan, namun lama kelamaan siswa menanggapi dengan positif”. Kreativitas ini berhasil memperoleh dana Dikti dalam Program Kreatifitas Mahasiswa bidang Penelitian tahun 2011. (dedy/nd)

0 Comments

Poskan Komentar

MATERIKU

Copyright © 2009 Semua Tentang Kimia dan Umum All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.