SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA, SEMOGA BERMANFAAT, KUNJUNGI TERUS BLOG INI
0

LABORATORIUM KIMIA VIRTUAL

Posted by Rangga Krisma Putra on 00.17
Seri: inovasi media pembelajaran

            Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan pengembangan dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), yang pelaksanaannya terdapat beberapa perubahan baik pada jenis mata pelajaran maupun alokasi waktu yang diberikan pada masing masing mata pelajaran. Salah satu mata pelajaran yang sebelumnya hanya disampaikan mulai Sekolah Lanjutan Tingkat Atas, namun saat ini mulai diajarkan pada tingkat Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP/MTs) yaitu pelajaran kimia. Mata pelajaran kimia tidak lagi disisipkan pada mata pelajaran fisika atau biologi. Meskipun mata pelajaran kimia baru disampaikan pada siswa siswi yang telah duduk di kelas IX.                       
            Saat ini ilmu kimia mengalami perkembangan yang cukup pesat, baik dalam hal penambahan materi atau karena adanya penemuan penemuan baru dari teori-teori yang sudah ada. Hal ini tentu saja sangat berpengaruh terhadap pendidikan kimia khususnya di tingkat Sekolah Menengah Atas, dimana materi kimia semakin bertambah banyak sementara di pihak lain alokasi waktu mata pelajaran kimia atau jumlah jam tatap muka semakin sedikit. Hal ini perlu disikapi  atau dipikirkan bagaimana memberikan materi pendidikan kimia di tingkat SMA agar dihasilkan lulusan yang kompetitif, bermutu , sesuai dengan Standar Kompetensi yang telah ditetapkan.

            Berdasarkan teori Van Dallen, hasil belajar dipengaruhi 6 faktor, yaitu : Guru, kurikulum, siswa, media pembelajaran, lingkungan dan metoda pengajaran. Peran media pembelajaran khususnya pada mata pelajaran kimia sangat penting, mengingat mata pelajaran kimia sebagian besar materinya bersifat abstrak seperti : atom, molekul, ikatan kimia, bentuk molekul, reaksi reaksi kimia, dan lain-lain yang sudah barang tentu untuk memahami hal tersebut sangat diperlukan media pembelajaran atau model sebagai alat bantu untuk menciptakan gambaran gambaran yang berkaitan dengan materi tersebut. Gambar atau model tersebut diharapkan dapat membantu siswa lebih memahami materi yang dibahas atau diajarkan
.
            Mata pelajaran kimia selain   disampaikan dalam bentuk teori juga harus didukung oleh kegiatan praktikum di labolatorium, supaya materi pelajaran yang disampaikan lebih dipahami dan lebih ada gambaran untuk untuk hal hal yang abstrak dalam materi pelajaran kimia. Masih menurut Van Dallen, semakin banyak indera kita menerima respon dari luar, semakin banyak respon tersebut yang diserap atau diingat.Maka kalau kegiatan praktikum dilaksanakan akan semakin cepat siswa menerima proses pembelajaran tersebut
.

 Kendala utama saat ini yang dihadapi sebagian besar  sekolah di tingkat SLTA adalah minimnya sarana dan prasarana labolatorium baik dari segi alat maupun bahan bahan kimia atau zat zat kimia yang tersedia. Hal tersebut diperparah dengan mahalnya harga alat dan bahan praktikum, apalagi zat zat kimia sifatnya hanya sekali pakai dan sulit didaur ulang, sehingga kegiatan-kegiatan praktikum kimia jarang sekali dilaksanakan. Akibatnya sebagian besar teori-teori yang disampaikan sulit dibuktikan atu dipraktekan, yang pada akhirnya mempengaruhi daya serap atau daya ingat siswa kurang maksimal
.
            Dengan semakin berkembangnya kemajuan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi khususnya Komputer dan Internet, secara luas telah mempengaruhi banyak aspek kehidupan manusia,termasuk di dalamnya dunia pendidikan dan khususnya mata pelajaran kimia. Dengan menggunakan media pembelajaran yang berbasis TIK berupa perangkat komputer dan software-nya, mata pelajaran kimia dapat mengatasi keterbatasan alat  alat praktikum dan zat-zat kimia yang berkaitan dengan materi dan media pembelajaran tertentu. Salah satu software yang dapat digunakan untuk mengatasi terbatasnya alat praktikum dan zat-zat kimia untuk kegiatan praktikum siswa di labolatorium adalah menggunakan : Laboratorium Kimia Virtual  salah satu contohnya yaitu program: Crocodile Chemistry.Dengan laboratorium kimia virtual tersebut guru ataupun siswa sangat terbantu dalam memahami berbagai macam alat, bahan.dan zat kimia untuk kegiatan praktikum, lengkap dengan fungsi, mekanisme reaksi, bentuk bentuk molekul dan contoh contoh reaksi kimia, tanpa harus melakukan praktikum kimia secara langsung di laboratorium.
           
Di dalam laboratorium kimia virtual kita dapat melakukan berbagai percobaan atau mereaksikan zat-zat kimia tanpa harus membeli alat alat atupun zat zat kimia. Selain itu juga kita akan terhindar dari rasa takut akan terjadi kecelakaan seperti ledakan, kebakaran, terjadinya gas gas beracun, terkena zat kimia berbahaya dan lainnya. Karena semua yang kita lakukan terjadi di layar komputer, meskipun demikian efek efek yang terjadi dari suatu reaksi kimia tetap dapat kita amati, baik itu adanya suara ledakan, suara air mendidih, perubahan warna, perubahan suhu, timbul gas timbul api atau terjadi endapan dan lainnya.Bahkan dalam laboratorium kimia virtual kita bisa merancang berbagai percobaan kimia atau mereaksikan zat-zat kimia yang tidak pernah kita lakukan praktikum karena keterbatasan alat dan bahan kimia.

 Laboratorium kimia virtual diharapkan menjadi salah satu alternatif solusi dalam penggunaan media pembelajaran kimia yang mana pelajaran kimia itu akan lebih dipahami apabila teori yang didapat dibuktikan dengan percobaan atau praktikum. Lebih jauhnya diharapkan siswa lebih memahami ilmu kimia dan lebih senang belajar kimia, yang selama ini pelajaran kimia dianggap pelajaran yang  menakutkan bagi sebagian besar siswa SLTA.Selain itu dengan media pembelajaran laboratorium kimia virtual kita dapat menyampaikan materi kimia secara inovatif, kreatif dan rekreatif, sehingga siswa tidak merasa jenuh dalam belajar, lebih efektif dan efisien, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan mutu lulusan yang sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditetapkan.                                                    

0 Comments

Posting Komentar

MATERIKU

Copyright © 2009 Semua Tentang Kimia & My Life All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.